Kamis, 22 September 2016

Tafakuri Perjalanan Hidup Kita

Setiap pergantian tahun selalu saja pikiran kita berkata, “perasaan baru kemarin tahun baru, sekarang sudah tahun baru lagi, bahkan masih inget beberapa kejadian dan momentum di tahun lalu, kenyataanya kita sudah berada di di ujung waktu, memasuki tahun berbeda.

Akankah hal ini terus berulang tanpa ada sesuatu yang berubah dalam diri kita. Hari berganti pekan,   pekan berganti bulan dan bulan berganti tahun. Demikianlah sifat dari waktu, dan kita tidak bisa menghentikan, memperlambat ataupun mempercepat, waktu tetap akan bergulir detik-demi detik terus dan terus.

Sifat sang Waktu yang perlu kita tafakuri adalah, waktu tidak akan pernah kembali. Detik ini tanggal hari ini bulan oktober 2016, tidak akan pernah kembali lagi sampai kapanpun. Jika kita gunakan waktu tersebut untuk kebaikan maka waktu tersebut sebagi keberuntungan, dan jika waktu tersebut di gunakan untuk keburukan maka waktu tersebut adalah kerugian yang amat besar.

Sudah berapa detik, atau berapa jam, atau berapa hari bahkan bulan kita habiskan waktu kita untuk sesuatu yang buruk dan itu tidak akan kembali lagi. Tinggal pin

tu taubat yang bisa kita ketuk agar sekiranya Allah bisa mengampuni kesalahan dan kealfaan kita. Malangnya kita sudah tahu waktu sangat terbatas dan tidak pernah kembali, tetapi kita masih tertipu dengan nafsu kita, masih lalai dan menghabur-hamburkan waktu kita dengan hal-hal yang sia-sia bahkan dosa.


Momentum tahun Baru Hijriyah adalah momentum untuk tafakur atas sisa perjalanan kehidupan kita. Tidak ada yang bisa menjamin kita masih punya jatah waktu yang cukup untuk berbekal menuju perjalanan yang panjang dan abadi di alam akhirat. Segerlah sadar wahai diri, segeralah bangkit dari kesia-siaan menuju masa-masa yang penuh dengan manfaat.  Kehdiupan kita sesungguhnya bukan di dunia, tetapi nanti di alam akhirat yang abadi. 

Ibnu Masud Pernah Bekata :  Kita adalah Tamu dan Harta adalah Titipan, Tamu akan Pulang dan Harta akan di kembalikan.



al quran wakaf bandung, alamat badan wakaf al quran, cara wakaf al quran, program wakaf al quran, Wakaf Al Quran, Toko Quran bandung, Toko al Quran Bandung, Grosir al Quran Bandung, Percetakan al Quran Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar